Langkah-langkah merawat PC


Maintenance Apa Saja yang Dibutuhkan dan Tidak Dibutuhkan PC?

Jika kita berbicara tentang maintenance Windows, seperti tidak akan ada habisnya. Yup..banyak sekali jenis maintenance yang bisa dilakukan ke Windows. Tetapi apa saja sebenarnya maintenance yang benar-benar dibutuhkan PC secara rutin?
Berdasarkan penting tidaknya, maintenance Windows dibagi menjadi dua; maintenance yang sebaiknya dilakukan dan maintenance yang tidak harus dilakukan. Maintenance yang sebaiknya dilakukan ini sebisa mungkin harus kamu lakukan secara rutin.
Maintenance yang Sebaiknya Dilakukan
Update Windows
Disarankan kamu untuk tidak meremehkan update Windows. Microsoft melakukan update secara rutin untuk menutup berbagai celah keamanan yang ditemukan di Windows. Install update Windows saat tersedia, dan restart komputer kamu saat dibutuhkan. Ini akan membuat komputer kamu aman dan stabil, dan proses update ini tidak membutuhkan banyak keahlian khusus. Tinggal install saja dan beres.
Jalankan Microsoft Security Essentials
Microsoft Security Essentials adalah software security bawaan Windows. Jalankan Microsoft Security Essentials ini secara rutin. Sebenarnya, software security bawaan Windows ini sudah cukup ampuh untuk melindungi Windows
Backup Hardisk
Sebenarnya backup hardisk bukanlah termasuk dalam kategori maintenance, tetapi ini sangatlah penting untuk dilakukan. Kita tidak tahu kapan hardisk kita bermasalah, atau data-data kita hilang tanpa tahu sebabnya. Untuk itu backup hardisk secara rutin sangat wajib untuk dilakukan, terutama backup file-file penting yang kamu miliki. Kamu bisa melakukan backup secara offline maupun secara online menggunakan berbagai layanan cloud backup.
Membersihkan Temporary File
Saat digunakan, Windows seringkali meninggalkan berbagai temporary file yang tersebar di hardisk, dan membersihkannya secara rutin sangatlah disarankan. Untuk melakukan ini, kamu bisa menggunakan software CCleaner yang sudah terbukti ampuh.
Menguninstall Program
Program yang sudah tidak diperlukan akan semakin memenuhi hardisk. Menguninstall program yang sudah tidak digunakan penting untuk dilakukan agar performa hardisk dan komputer bisa optimal.
Sebenarnya aplikasi uninstall program bawaan Windows sudah cukup bagus, tetapi ada aplikasi yang jauh lebih bagus lagi yaitu RevoUninstaller. RevoUninstaller tidak hanya melakukan uninstall saja, tetapi juga menghapus semua trace dari aplikasi tersebut. Bahkan aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatur proses startup yang berjalan sehingga komputer kamu bisa booting dengan lebih cepat.
Maintenance yang Tidak Harus Dilakukan
Defragment Hardisk
Waktu berubah, begitu juga fitur di setiap versi Windows. Jika kamu adalah pengguna Windows XP, maka defrag hardisk memang masih sangat diperlukan. Tetapi kamu tidak perlu melakukannya dengan sering. Lihat dulu apakah sudah ada cukup fragmen di hardisk kamu. Jika fragmen belum banyak, kamu tidak perlu melakukan defragment hardisk.
Berbeda dengan Windows XP, pengguna Windows Vista, 7 dan 8 tidak perlu melakukan defrag lagi. Windows Vista, 7, dan 8 akan melakukan defrag otomatis dan berkala secara background jika diperlukan. Jadi kamu tidak perlu melakukannya secara manual. Kalau hardisk kamu adalah SSD (Solid State Drive), kamu juga tidak lagi membutuhkan defrag hardisk.
Membersihkan Registry
Kamu mungkin pernah mendengar berbagai macam software registry cleaner sebelumnya, tetapi faktanya adalah membersihkan registry tidak akan membuat banyak perbedaan di komputer kamu. Hal ini memang tidak akan merusak komputer, tetapi juga tidak memberikan hasil apapun. Jadi, kamu bisa melewatkannya.
Menghapus Windows Prefetch
Kamu mungkin pernah membaca beberapa artikel yang menyarankan untuk membersihkan Windows Prefetch agar performa komputer meningkat. Ini lebih seperti sebuah mitos daripada fakta. Kamu bukan hanya tidak mendapatkan peningkatan performa secara signifikan, tetapi terkadang akan timbul masalah baru di Windows kamu. Biarkan file Windows Prefetch disana..Windows memilikinya karena suatu alasan.
Menginstall Ulang Windows Secara Rutin
Seringkali memang install ulang Windows tidak bisa kita hindari, terutama saat Windows komputer kita sedang bermasalah. Tetapi selama tidak ada masalah apapun, tidak ada alasan untuk rutin menginstall ulang Windows setiap 6 bulan sekali. Menginstall ulang Windows yang tidak ada masalah sama saja dengan membuang-buang waktu dan tenaga anda yang berharga.
Itulah beberapa maintenance yang sebaiknya kamu lakukan dan mana yang tidak harus dilakukan. Semoga tips ini bermanfaat untuk menjaga komputer kamu berada pada kondisi yang optimal.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Langkah-langkah merawat PC"

Posting Komentar